Tips Terbaru Cara Menghemat Baterai Kamera DSLR/Mirrorless

Cara Menghemat Baterai Kamera DSLR/Mirrorless Tidak bisa dibayangkan jika Anda sedang mengabadikan moment-moment berharga tetapi yang terjadi beterai Anda habis dan akhirnya Anda terpaksa harus kehilangan moment penting anda? Dalam hal situasi demikian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya konsumsi baterai lebih hemat dan baterai bisa lebih tahan lama.


Agar terhindar dari hal-hal seperti yang saya sebutkan diatas, blog harga-kamera akan memberikan beberapa tips yang akan sangat berguna bagi Anda:

Matikan Autofocus  dan Gunakan Manual Focus Saja

Cara ini khusus bagi anda pemakai kamera DSLR atau mirrorless (selama kamera anda memiliki fitur manual fokus dan memiliki focusing ring di lensa). Perlu diingat bahwa saat autofokus aktif, maka setiap kali kita memencet tombol shutter release separuh kamera akan memerintahkan lensa untuk mencarai fokus dan secara mekanis lensa akan berputar mengunci titik fokus. Dengan mematikan sistem autofokus kamera, maka kita bisa membuat kamera berdiet listrik.

Matikan LCD

LCD dipasang dikamera memang untuk digunakan. Tetapi terlalu banyak menggunakan LCD untuk tujuan yang tidak berguna seperti bolak balik mengatur hal sepele yang tidak bergitu banyak mempengaruhi hasil akan sangat memboroskan energi baterai. Maka cobalah lebih selektif dalam menggunakan LCD anda.

Matikan Image Stabilizer/Vibration Reduction 

Dengan mematikan IS/VR kita bisa memperpanjang konsumsi baterai sampai 20% lebih lama. Image stabilizer/vibration reduction membutuhkan banyak energi untuk menggerakkan elemen-elemen didalam lensa untuk memerangi shake sehingga foto lebih tajam. Memang sayang kalau fitur ini dimatikan, tapi jauh lebih sayang kalau kita mendadak harus berhenti memotret dan memasukkan kamera ke tas lalu pulang.


Tambahkan ISO dengan Mengurangi Penggunaan Flash

Built in flash pada kamera sangatlah memboroskan baterai, tambah poin ISO agar kebutuhan akan flash berkurang. Lebih extreem lagi tanpa memakai flash sama sekali agar baterai lebih hemat lagi.

Matikan Lagi Setelah Selesai Memotret

Kadang seorang fotografer cuek atau lupa kalau kameranya dalam keadaan nyala. Memang jika anda harus standby untuk memotret, hal seperti ini harus dilakukan. Tetapi saat anda membutuhkan daya tahan baterai alangkah baiknya hal seperti ini harus dihindarkan.

Lebih Selektif Dalam Memotret

Kalau sedang bekelimpahan sih kita bisa bebas saja memotret apapun yang kita pikir menarik, tanpa pandang bulu. Namun saat dituntut agar baterai bisa survive, memotretlah dengan lebih selektif. Pikirkan betul-betul apakah jepretan ini sesuai kriteria dan fokuslah pada apa yang benar-benar sesuai dengan tujuan utama.

Gunakan Manual Focus

Cara terakhir ini diperuntukan bagi yang sudah mahir dalam memotret karena apabila belum mahir dalam memotret menggunakan manual fokus, justru akan membuat boros baterai, karena cenderung memotret berulang-ulang untuk mendapatkan hasil (fokus) yang diinginkan.

Itulah tadi tips cara menghemat baterai kamera, intinya adalah lebih selektif dalam segala hal, anda harus tau kapan harus memaksimalkan kinerja baterai dan kapan harus menghemat daya baterai dan agar lebih mudahnya lain kali pastikan charger serta baterai cadangan anda bawa dan dalam jumlah yang mencukup.

Subscribe to receive free email updates: