Mengenal Istilah-Istilah Dasar Dalam Dunia Fotografi

Jika Anda adalah seorang yang baru terjun dan memulai dunia fotografi ada baiknya pertama kali yang wajib anda ketahui adalah Mengenal Istilah Dasar Dalam Dunia Fotografi, karena biasanya sebagai pemula banyak hal yang masih cukup awam Anda mengerti dan sebenarnya ini bisa mempengaruhi kemampuan Anda memahami cara-cara dasar dalam mendapatkan hasil jepretan yang memuaskan.


Ada baiknya kita mengerti dan memahami Istilah Dasar Fotografi, paling tidak akan menjauhkan dari praktek yang salah dengan tindakan asal jepret. Ok langsung saja berikut ini istilah dasar fotografi yang perlu anda pahami.

Istilah Dasar Fotografi

Diafragma atau Aperture

Pernah dengan istilah Bukaan, Diafragma, Aperture ? berita buruk jika anda belum pernah mendengar tetapi anda sudah memegang kamera digital. Istilah fotografi ini biasa disebut bukaan lensa, berfungsi untuk menangkap intensitas cahaya yang masuk kedalam kamera. Intinya semakin besar bukaan lensa akan semakin besar menangkap cahaya, hal ini berpengaruh pada ruang tajam gambar (DOF) atau biasa disebut dengan Depth Of Field.

Autofocus

Cara menemukan titik fokus secara otomatis. Ditentukan oleh lensa kamera yang akan mendeteksi letak objek yang akan dibidik. Pada kamera dSLR dilambangkan dengan AF.

Depth Of Field (DOF)

Secara umum bisa Anda artikan sebagai ruang tajam gambar. Gambar biasanya terdiri dari dua bagian yakni gambar yang tajam dan gambar yang blur. Bukaan lensa juga bekerja dalam hal ini, semakin lebar bukaan lensa semakin lebar pula ruang tajam gambar dalam foto Anda.

ISO

Daya sensitifitas cahaya pada lensa bergantung pada ISO, Semakin kecil ISO juga berarti semakin kecil daya sensitifitas cahaya dari lensa tersebut.

Speed (Kecepatan)

Arti dari speed dalam dunia fotografi adalah kecepatan dalam menangkap gambar  atau gerakan yang Anda rekam. Speed bersifat custom dapat Anda ubah sesuai kebutuhan. Anda bisa mendapatkan gambar “beku” atas suatu gerakan cepat pada speed tinggi dan gambar “berbayang” pada speed rendah.

Mode Dial 

Baik kamera digital SLR atau kamera saku, pasti sudah memiliki model dial. Baik dalam bentuk tombol ataupun panel putar. Mode dial standart biasa ada 5 macam mode dial sebuah kamera digital.
  • Auto adalah pengaturan paling mudah dalam kamera, karena semua sudah diatur dan diprogram secara otomatis, pemakai kamare tinggal pencet shutter langsung jadi foto.
  • Aperture Priority, kecepatan akan diatur secara otomatis kemudian untuk diafragma/bukaan kita atur sendiri sesuai kebutuhan.
  • Speed Priority, sistem ini merupakan kebalikan dari Aperture Priority
  • Program, semua telah diatur oleh kamera.
  • Manual, dengan mode manual kita dapat bereksperimen mulai dari pengaturan WB, Speed dan sebagainya.

Secara umum itulah tadi beberapa istilah dasar yang harus anda pahami untuk memulai menjajaki di dunia fotografi. Dengan memahai anda akan mempunyai konsep dalam memotret sebuah obyek.

Subscribe to receive free email updates: