Tips Memilih Tripod Kamera Untuk Fotografer

Tips Memilih Tripod - Bagi Anda pecinta fotografi, tripod merupakan jenis penyangga kamera stand yang paling banyak digunakan dibandingkan jenis yang lain. Untuk beberapa momen pemotretan, tripod memiliki fungsi yang sangat esensial untuk menghandle kestabilan posisi (dan beban) kamera, lampu flash, atau equipment lain.

Walaupun teknologi image stabilization pada kamera DSLR telah berkembang pesat, pengguna tidak dapat sepenuhnya menggantungkan diri pada teknologi tersebut karena pada dasarnya teknologi ini dirancang untuk situasi di mana alat bantu penstabil fisik seperti tripod tidak memungkinkan untuk digunakan, bukan untuk menggantikannya secara keseluruhan.


Lalu, tripod bagaimanakah yang cocok untuk kebutuhan seorang fotografer maupun pengguna berbagai jenis kamera, ada beberapa pertimbangan yang harus kita pikirkan sebelum membeli tripod, berikut ini harga-kamera akan menjelaskannya dibawah ini:

Tips Memilih Tripod

  • Tripod bisa digunakan dalam jangka waktu lama dan jarang atau tidak bisa kadaluarsa seperti barang elektronik, oleh sebab itu jangan terlalu pelit dalam membeli tripod. Tripod yang murah sebagian besar berkualitas rendah sehingga cepat rusak, tidak stabil dan tidak tahan air pada umumnya.
  • Mencari tripod kamera seharunya disesuaikan dengan peralatan pendukung fotografi yang digunakan. Bila anda menggunakan kamera saku, hendaknya mencari ukuran tripod yang lebih kecil, sedangkan bila menggunakan kamera DSLR profesional dengan lensa super panjang, sebaiknya menggunakan tripod yang besar dan kokoh.
  • Sesuaikan ketinggian tripod dengan ketinggian kita. Seberapa nyaman kita bisa memotret. Tripod memang tersedia dengan bermacam ketinggian maksimum. Makin besar tinggi maksimum tripod, semangkin banyak kondisi dan situasi pemotretan yang bisa dicover.
  • Beberapa jenis tripod memiliki kolom tengah di bagian atasnya, ada yang hanya ditarik saja, ada juga yang memakai roll. Kolom ini memang bisa digunakan untuk menyesuaikan ketinggian kamera tanpa merubah posisi kaki tripod. Namun jika kita gunakan semangkin tinggi dapat mengurangi kestabilan kamera pada saat kita pakai untuk memotret.
  • Tripod yang baik memiliki quick release plate sehingga anda bisa melepaskan kamera dari tripod dengan mudah dan cepat.
  • Tripod yang baik memiliki bubble head sehingga anda bisa mengetahui apakah tripod anda telah sejajar dengan garis horizon atau belum.

Demikian ulasan Tips Memilih Tripod Kamera Untuk Fotografer karena banyak merek tripod yang beredar dipasaran sehingga Anda harus bijak dalam memilih, sebagai referensi yang baik berikut ini Manfrotto dan Gitzo salah satu pilihan merek tripod yang bagus.

Subscribe to receive free email updates: