Nikon Coolpix P600 Menjangkau Hingga ke Bulan


Setelah sukses memasarkan Coolpix P520 yang memiliki 42x optical zoom, belum lama ini Nikon kembali memperkenalkan kamera bridge seri terbaru, Coolpix P600 dengan 60x optical zoom. Sekitar empat tahun ke belakang, jajaran kamera prosumer di kelas "bridge" sempat menjadi primadona. Kamera jenis tersebut biasanya dilengkapi  dengan zoom optik yang panjang, sering juga disebut sebagai kamera all in one. Sebelum maraknya kamera mirrorless, keberadaan kamera bridge menjembatani antara kamera saku dengan kamera DSLR.

Nikon kembali merilis kamera prosumer di kelas bridge seri Coolpix P600. Keberadaan Coolpix P600 dengan optical zoom 60x ini, menjadi penerus seri Coolpix P520 yang menawarkan rentang focal yang panjang hingga 42x optical zoom.

Kinerja Optimal

Keunggulan Nikon Coolpix P600 terletak pada optical zoom-nya yang mencapai 60x, dengan rentang 4.3-258mm atau setara dengan 24-1440mm. Dengan focal length tersebut, menjadikan Coolpix P600 menjadi kamera yang memiliki focal length terpanjang di kelasnya. Sejauh ini, kompetisi di pasar kamera bridge cukup sengit. Para kompetitor Nikon Coolpix P600 rata-rata dilengkapi dengan optical zoom hingga 50x, sebut saja Sony Cyber-shot DSC-HX400V, Panasonic Lumix DMC-FZ200, serta Canon PowerShot SX50 HS.

Keunggulan lainnya dari Coolpix P600 adalah kinerja autofocusnya yang cepat dibanding para pesaingnya. Khususnya saat digunakan di rentang zoom yang panjang. Selain menawarkan kecepatan dari sistem autofocusnya, Coolpix P600 juga menawarkan kualitas yang baik dari lensa Nikkor yang dilengkapi dengan vibration reduction (VR) hybrid. Vibration reduction berfungsi untuk mengurangi efek guncangan yang dapat mengakibatkan gambar menjadi blur. Hal tersebut sangat membantu proses pemotretan dengan focal length panjang, karena biasanya membutuhkan kecepatan shutter yang lambat.

Dengan 60x optical zoom yang terdapat pada Coolpix P600 ini, memungkinkan Anda dapat memotret bulan di langit. Bahkan, untuk para fotografer enthusiast, Nikon secara khusus menambahkan feature khusus yang terdapat pada roda menu, yakni scene "moon". Sesaat setelah mengaktifkan scene moon tersebut dan menekan tombol OK, kamera akan langsung melakukan pengaturan lensa pada focal length terpanjang, 258mm atau setara dengan 1440mm. Selain itu, untuk memotret, kamera akan melakukan pengaturan otomatis menggunakan pengaturan waktu (timer) yang dapat diubah dan disesuaikan, 1 detik atau 10 detik. Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk menggunakan tripod yang kokoh.

Bagi Anda yang senang merekam video, Anda akan menemukan sensasi layaknya merekam menggunakan camcorder. tuas pengaturan zooming tele dan wide, terdapat pada dua bagian, yakni di bagian atas bodi, dan di bagian kiri lensa. Tombol rekam video pun didesain sangat praktis untk digunakan, dan letaknya pas untuk ditekan dengan jempol tangan kanan Anda.

Sementara itu, untuk memberikan kemudahan dalam memotret menggunakan focal length panjang, Nikon Coolpix P600 dipadukan dengan layar LCD swivel yang terpasang di bagian belakang bodi. Selain itu, konektivitas Wifi yang tertanam pada Coolpix P600 akan membantu penggunanya untuk digunakan sebagai remote, maupun untuk mentransfer foto ke perangkat mobile yang telah terpasang aplikasi Nikon Wireless Mobility Utility.

Harga Nikon Coolpix P600

Kamera Prosumer ini cukuplah menjanjikan untuk Anda miliki, harga selengkapnya dari kamera ini bisa Anda lihat disini.

Subscribe to receive free email updates: