Kamera Pentax 645Z Seharga City Car

Kedengarannya memang berlebihan, namun harga kamera Pentax 645Z senilai Rp 123 juta memang cukup mahal dan bisa untuk membeli mobil. Dengan harga itu, pengguna mendapatkan kamera yang cukup tebal dengan sensor medium-format 50 megapixel yang melampaui chip gambar full-frame 2,5 kalinya. Fitur istimewa dari chip ini adalah Pentax mengusung teknologi CMOS alih-alih CCD dalam 645Z. Apa yang dianggap standar di kelas lain justru dianggap sebagai revolusi kecil dalam kamera format medium dan memberikan sedikit perbaikan dalam hal penanganan bintik gambar. Sejauh ini, hanya Hasselblad H5D-50c yang juga menggunakan teknologi yang sama, harganya sekitar Rp 380 juta.


Teorinya memang menarik, namun dalam praktiknya, Pentax 645Z menghasilkan 2.400 pasang baris per tinggi gambar, dalam settingan ISO 100. Bahkan dengan ISO 6400, hasilnya masih di atas 2000 Lp/Bh. Masih percaya bahwa ISO 400 menjadi batas tertinggi kamera medium format? Pentax 645Z memiliki setting ISO hingga 204.800 yang sangat tinggi, namun fotografernya pasti akan jarang memakainya. Bintik foto yang mengganggu mulai terlihat di setting ISO3200. Namun dalam kesempatan tertentu saja fotografer akan menggunakan resolusi 50 megapixel-nya. Dengan mereduksi resolusi, maka noise juga ikut turun.


Karena mengusung resolusi yang tinggi, maka kecepatan pemotretan pun dikorbankan. Kamera ini menghasilkan 60 megabyte file RAW dalam format PNG atau PEF, dan tersimpan dalam kartu memori SD dalam satu atau dua detik. Dalam format JPEG, kamera memiliki format lebih cepat, 20 hingga 30 megabyte. Kecepatan pemotretan kontinyu-nya mencapai tiga frame per detik dan mampu memotret file JPEG dan RAW sebanyak sepuluh seri. Fokunya dengan bantuan 27 phase focal point juga terasa lambat bahkan saat dipakai memotret di kondisi siang. Namun sensor 25 titip cross-type tergolong akurat. Fotografer olahraga pasti akan menyukai Pentax 645Z.


Medium Format Untuk Pemula


Dalam hal fitur dan pengoperasian, Pentax 645Z dengan bobot 0,6 kilogram ini memiliki fitur yang cukup memadai semua kebutuhan fotografer, seperti 20 tombol khusus, layar 3,2 inci yang bisa diputar 135 derajat resolusi tinggi, serta flash X-Synch dan port USB 3.0.

Belum lagi layar yang besar yang menampilkan indikasi konsumsi daya, setting diafragma dan shutter speed yang bisa diatur dengan dua tombol putar yang tersedia. Jendela bidik optik pentaprism juga disediakan oleh Pentax.


Perekaman video Full HD 30 fps juga mengejutkan, karena Pentax juga menyediakan input mikropon di dalamnya, sehingga hasilnya jauh lebih baik dibanding mikrofon terintegrasinya. Kamera juga dilengkapi dengan 18 efek filter foto yang bisa dipilih sesuai selera, termasuk tampilan pastel dan efek miniatur. Hal ini membuat Pentax 645Z menarik bagi fotografer medium format pemula, yang sekali lagi harus bingung memilih antara membeli kamera atau mobil murah?

Spesifikasi Kamera Pentax 645Z


Resolusi maksimal: 8.265 x 6.192 pixel
Pixel efektif: 51,2 megapixel
Sensor (Jenis / Ukuran): CMOS (43,8 x 32,8 mm)
Image stabilizer: Pentax 645AF2
Format gambar: RAW + JPEG, RAW, JPEG
Material bodi: Magnesium
Dimensi: 156 x 117 x 123 mm
Berat bodi: 1.550gr

Subscribe to receive free email updates: