Tips Memilih Kamera Mirrorless Untuk Traveling

Terdapat beberapa jenis kamera. Salah satunya adalah kamera mirrorless Interchangeable Lens Camera. Kameraa jenis ini juga sering disebut kamer tanpa cermin yang lensanya dapat diganti. Kamera ini pertama kali muncul pada tahu n 2008 dan kini mulai populer dan digunanakan oleh para pecinta fotografii . Dilihat dari tampilannya sekilas memang sangat mirip dengan kamera DSLR. Hanya saja tidak dilengkapi dengan cermin. Kemudian jika ditanya lebih baik  yang mana kualitasnya antara kamera DSLR dan kamera mirrorless? Pilihan akan jatuh sesuai dengan kebutuhannya. Untuk kualitas  hasil yang baik, tentu kamera jenis DSLR menjadi pilihan yang paling tepat. Namun jika anda mencari kamera yang praktis dan mudah dibawa kemana saja, kamera mirrorless menjadi pilihan yang terbaik. 

Memilih Kamera Mirrorless yang terpenting harus diperhatikan adalah sensor yang digunakan kamera tersebut, Sensor inilah yang menentukan kualitas hasil foto. saat ini beragam sensor yang digunakan oleh produsen kamera. masing masing produsen kamer mempunyai beragam ukuran sensor yang dipakai, mulai dari yang sebesar kamera DSLR hingga sekecil kamera saku. terus bagaimanakah memilih kamera mirrorless yang bagus, jawabannya tergantung kebutuhan kita apa? kalau saya kebutuhan Stok Foto yang membutuhkan kualitas pembesaran foto yang bisa dicetak besar tidak pecah, desain dan bentuk kamera itu nomor dua bagi saya. tetapi ada juga orang yang membeli kamera mirrorless karena kecilnya, ringkas dan terlihat trendy. ada juga yang membeli kamera mirrorless dari bentuk kameranya yang vintage. semua itu benar dan tidak ada yang salah, kembali lagi memilih kamera mirrorless disesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai pemakai.

Aneka Ragam Sensor di Kamera Mirrorless:
  • Sensor APS-C
  • Sensor Four Thirds
  • Sensor Nikon CX (1 inci)
  • Sensor Kecil 1/2.3 inci (Pentax Q)


Semangkin besar sensor yang dipakai semangkin bagus kualitas foto di kamera tersebut, walaupun faktor lensa juga mempengaruhi kualitas foto


Keuntungan memakai kamera Mirrorless untuk Travellers dan Fotografer:
  1. Ringan, kalau dahulu saya membawa tas backpack untuk membawa 2 body DSLR dan 2 lensa wide dan range normal. Tetapi dengan Mirrorless saya hanya cukup membawa 1 tas selempang yang bisa diisi oleh 2 kamera Mirrorless 1 dengan lensa 12-24mm dan 1 body lagi dengan lensa 18-55mm.
  2. Kualitas Foto Yang Sudah Sama dengan DSLR. Dengan sensor yang besar dan sama yang digunakan oleh kamera DSLR membuat kualitas kamera Mirrorless sudah sama dengan DSLR.
  3. Harga Terjangkau. Kamera Mirrorless sebagian besar hargannya terjangkau dan terkadang lebih murah dari tipe DSLR termurah. memang ada juga kamera Mirrorless yang hargannya melebihi DSLR tetapi hanya sebagian kecil saja.
  4. Memotret human interest lebih muda, jika kita suka memotret human interest yang saya rasakan saat memotret menggunakan kamera Mirrorless mereka jadi lebih canggung dan cendrung cuek dengan kehadiran kita. Berbeda dengan menggunakan kamera DSLR mereka cendrung risih dan malu difoto.
  5. Lebih muda berbaur, memakai kamera Mirrorless menjauhkan kesan kita adalah fotografer beneran. karena low profile dan tidak mencolok terkadang kita dianggap turis biasa oleh masyarakat sekitar, sehingga dengan mudah kita berbaur dan memotret dengan nyaman.
  6. Teknologi terupdate, biasanya kamera Mirrorless sekarang sudah banyak update teknologi baik wifi, hdr dan fitur-fitur yang memudahkan kita untuk memotret.


Pertanyaan banyak orang saat ini adalah, apakah saya membutuhkan kamera mirrorless? Bila anda adalah fotografer yang banyak memotret didalam studio dan model, anda lebih membutuhkan kamera kelas atas untuk bekerja. tetapi jika anda adalah Travel Photographer dan Travel blogger seperti saya, atau hobies yang suka memotret dan jalan jalan. maka kamera mirrorless cocok dengan anda. saya beruntung bisa mencoba beberapa tipe kamera mirrorless, dan saya akan sharing disini supaya anda bisa memilih kamera mirrorless sesuai dengan kebutuhan anda. ya seperti yang saya bilang diatas, memilih kamera mirrorless itu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda yang terpenting.


Beberapa pilihan kamera Mirrorless yang cocok untuk Anda :
  1. Sony Nex Series, yaitu:  Sony NEX 5, Sony NEX 6, Sony NEX7 (kamera dan lensanya punya kualitas yang bagus. hanya sayang aftersales service belum sebagus kamera dan lensanya).
  2. Samsung NX series, yaitu: Samsung NX300, Samsung NX1000, Samsung NX2000 (bentuk kameranya standar belum banyak varian dan type, lensanya harganya cukup murah dan aftersalesnya lumayan oke)
  3. Olympus, yaitu: Olympus PEN E-P5 (desain bagus dan vintage, punya komunitas yang kuat dan lumayan besar, sensor tidak sebesar kedua kamera diatas, tetapi cukup untuk kebutuhan komersial)
  4. Fuji Series, yaitu: Fujifilm X-E2 (desain bagus dan teknologi sensor yang bagus, harganya agak mahal dibandingkan dengan kamera lain)
  5. Panasonic Lumix, yaitu: Panasonic Lumix DMC LX7 ( kamera Mirroless ini termaksud menengah dan menengah atas, punya lensa bawaan dari Leica. Hasil fotonya cukup natural)
jika anda punya budget lebih ada Sony Nex Series dan Fuji Series. jika budget terbatas pilihannya Samsung dan Olympus.

Selain itu saya juga punya beberapa tips yang bisa menjadi faktor pertimbangan ketika akan memilih Kamera Mirroless:
  1. Pilihlah kamera Mirrorless yang punya megapixel diatas 16MP, karena lensa Mirrorless itu tidak sebagus lensa DSLR pasti ada penurunan kualitas foto disitu, sehingga sensor yang besar jika kualitas foto turun masih bisa dimaklumi.
  2. Jika anda membeli kamera Mirrorless dengan harapan lensa DSLR anda bisa dipasang dikamera Mirrorless tersebut, maka esensi dari kamera Mirrorless tersebut hilang, kenapa sih orang memilih mirrorless, kamera ringan dan kecil bentuknya.
  3. Carilah kamera Mirrorless yang power charge USB Universal, jadi kalau kita kehabisa batterai bisa di charger pakai powerbank. Selain itu juga menghemat dalam membawa charger ketika traveling.
  4. Body ringan dan kecil itu mutlak, jika membeli kamera Mirrorless yang berukuran hampir sama dengan DSLR. Lebih baik ya membeli DSLR aja.
Semoga membantu dalam memilih kamera Mirrorless yang tepat untuk kebutuhan kita ya.

sumber: kaskus.co.id & barrykusuma.com

Subscribe to receive free email updates: