Mengenal Kamera Mirrorless

Terdapat beberapa jenis kamera. Salah satunya adalah kamera mirrorless Interchangeable Lens Camera. Kamera jenis ini juga sering disebut kamera tanpa cermin yang lensanya dapat diganti. Kamera ini pertama kali muncul pada tahun 2008 dan kini mulai populer dan digunanakan oleh para pecinta fotografii . Dilihat dari tampilannya sekilas memang sangat mirip dengan kamera DSLR. Hanya saja tidak dilengkapi dengan cermin. Kemudian jika ditanya lebih baik  yang mana kualitasnya antara kamera DSLR dan kamera mirrorless? Pilihan akan jatuh sesuai dengan kebutuhannya. Untuk kualitas  hasil yang baik, tentu kamera jenis DSLR menjadi pilihan yang paling tepat. Namun jika anda mencari kamera yang praktis dan mudah dibawa kemana saja, kamera mirrorless menjadi pilihan yang terbaik. 


Kamera mirrorless memiliki beberapa karakteristik-karakteristik yang dapat anda lihat secara jelas. Karakteristik yang pertama adalah ukuran kamera yang lebih kecil dan lebih ringkas dari pada kamera DSLR. Karakteristik yang kedua adalah bobotnya yang lebih ringan. Karakteristik ketiga, kamera mirrorless dapat menghasilkan kualitas gambar yang tak jauh berbeda dengan kamera DSLR. Karakteristik keempat, kamera mirrorless memiliki ukuran sensor yang setara dengan sensor kamera DSLR kelas menengah. Karakteristik kelima, anda para pengguna kamera mirrorless dapat memiliki opsi untuk mengganti bagian lensa kamera. Dan karakteristik yang terakhir adalah harga kamera mirrorless yang jauh lebih murah dari pada harga kamera DSLR (kecuali kamera mirrorless merk Leica dan Fujifilm X). 

Tanpa Menggunakan Cermin dan Prisma

Karena kamera  mirrorless tidak dilengkapi dengan cermin/ mirror di dalamnya, cara kerjanya pastinya berbeda dengan kamera DSLR. Kamera DSLR memerlukan cermin untuk menampilkan gambar objek di viewfinder. Namun tidak dengan kamera viewfinder.  Kamera jenis ini tidak memiliki perangkat viewfinder optic, melainkan digantikan fungsinya oleh perangkat lainnya yaitu perangkat yang disebut sistem viewfinder elektronik  (EVF-Electronic Viewfinder). Khusus untuk kamera mirrorless bermerk Leica dan Fujifilm X, kedua jenis kamera ini dilengkapi dengan viewfinder optic. Penasaran, apa saja merk kamera mirrorless yang saat ini sedang laris manis di pasaran? Terdapat beberapa merk kamera mirrorless yang tersedia di toko-toko elektronik, diantaranya adalah Leica M, Micro Four-Third: Olympus OMD dan Olympus PEN, Micro Four Third: Panasonic, Samsung NX, Sony NEX, Nikon 1, Pentax Q dan Pentax K, dan Fujifilm X


Bagi anda yang tertarik untuk memilikinya, segera membelinya dan buktikan hasilnya. Membeli kamera mirrorless  sama saja seperti kita membeli kamera jenis DSLR. Kita perlu membeli sistem kameranya secara lengkap mulai dari bodi kameranya, lensa yang sesuai dengan kebutuhan, dan aksesorisnya. Karena kamera ini tergolong sebagai kamera baru yang benar-benar baru rilis beberapa tahun yang lalu, mungkin saja akan semakin banyak terobosan-terobosan yang akan bermunculan untuk menyempurnakan kualitas dan fungsi dari kamera mirrorless ini sendiri.

Subscribe to receive free email updates: