Keunggulan Kamera DSLR

Kamera DSLR memang dikenal sebagai rajanya kamera. Mengapa? Ada dua alasan julukan ini sangat pantas diberikan untuk perangkat yang satu ini. Pertama, kamera DSLR memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dengan hasil yang sangat berkualitas. Kedua,  harganya yang mahal (paling mahal bila dibandingkan dengan jenis kamera lainnya), menjadikan kamera DSLR ini hanya bisa dimiliki oleh kalangan yang berduit dan memiliki hobi potret memotret. Jika anda ingin berinvestasi kamera,  kamera yang paling tepat untuk anda miliki adalah kamera DSLR. Namun perlu anda ketahui bahwa sebagus dan semahal apapun sebuah kamera DSLR, tetap saja memiliki kamera ini memiliki keunggulan dan kelemahan seperti jenis-jenis kamera pada umumnya. 

Keunggulan Kamera DSLR

Fleksibilitas penggunaan lensa

Keunggulan yang pertama adalah fleksibilitas. Fleksibilitas di sini lebih mengacu pada penggunaan lensa pada kamera. Kamera DLSR dapat dipasang beberapa jenis lensa kamera yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan dari penggunaan lensa yang berbeda hanya satu, yaitu untuk mendapatkan hasil gambar yang luar biasa dan sempurna. Misalnya, jika anda ingin memotret objek gunung dengan kualitas gambar yang sempurna, maka gunakanlah lensa jenis ultra wide.  Sebaliknya, jika anda ingin memomtret sebuah objek kecil secara detail dan mengabaikan background yang ada di sekitarnya, maka pilihlah lensa berjenis lensa makro.  Dan masih ada banyak jenis lensa lainnya yang dapat dipasang pada kamera DSLR. 

Kualitas gambar

Anda pastinya dapat membedakan dengan jelas kualitas foto yang diambil dengan menggunakan kamera DSLR dan yang bukan diambil dengan kamera DSLR.  Kualitas gambar yang diambil dari kamera DSLR jauh lebih sempurna baik dari sisi warna, ketajamanan, kejernihan, pencerahan, dan resolusi gambarnya. Hal ini  disebabkan karena kamera DSLR memiliki kepekaan cahaya yang jauh lebih tinggi serta jumlah pikel pada sensornya yang jauh lebih banyak. 

Kinerja kamera yang jauh lebih baik

Kemudian dilihat dari segi kinerja, kamera DSLR jauh lebih baik bila dibandingkan dengan jenis kamera digital lainnya. Kinerja kamera di sini meliputi kemampuan autofocus yang cepat, kapasitas memori kamera yang lebih besar, penundaan rana yang pendek, dan respon yang  lebih cepat saat penggunaan sedang melakukan penyuntingan secara berkesinambungan. 

Kamera DSLR mudah diupgrade 

Keunggulan yang terakhir dari sebuah kamera DSLR adalah mudahnya kamera ini untuk di-upgrade. Kamera DSLR dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun dan yang pasti aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya dapat diupgrade secara berkala. Jadi tidak akan ketinggalan zaman, khususnya soal upgrade aplikasi-aplikasi kamera DSLR. Anda bisa menemukan berbagai jenis aksesoris terbaru dan yang sedang populer saat ini di toko-toko kamera DSLR. Aksesoris-aksesoris yang tersedia juga sangat berkualitas , mudah dioperasikan dan bisa diandalkan untuk mendukung performa kamera DSLR kepunyaan anda. Contoh perangkat pendukung kamera DSLR lainnya yang selalu tersedia versi terbarunya adalah perangkat remote dan pemancar nirkabel yang dapat anda manfaatkan untuk mencoba memiliki pengalaman baru di duni fotografi.

Subscribe to receive free email updates: