Keunggulan Mirorrless Harga Dan Spesifikasi Fujifilm X-M1 Dibanding Kamera DSLR

Tak dapat dipungkiri, di kalangan para pecinta foto, dua jenis kamera mirrorless harga dan spesifikasi Fujifilm X - M1 dan DSLR menjadi primadona yang sama-sama memiliki banyak pengguna setia. Bila ditelisik lebih jauh, tentu kelebihan dan kekurangan pasti menempel pada kedua jenis kamera ini. Namun, banyaknya keunggulan kamera mirrorless- lah yang akhirnya kini tak sedikit membuat pengguna kamera DLR beralih kepadanya. Untuk memahami perbandingan antara mirrorless dan kamera DSLR, simaklah beberapa poin berikut ini.
Keunggulan Mirorrless Harga Dan Spesifikasi Fujifilm X-M1 Dibanding Kamera DSLR

Ukuran Fisik dan Bobot


Kamera Mirrorless X - M1 dari Fujifilm memiliki bodi yang kecil serta bobot yang relatif ringan. Tentu hal ini sangat berlawanan dengan kamera DSLR yang memiliki ukuran fisik besar serta bobot yang berat. Belum lagi bila DSLR menggunakan lensa tambahan yang berat dan ukurannya juga besar. Sedangkan pada kamera mirrorless, ukuran fisiknya bisa dibuat seminimal mungkin karena tidak menggunakan susunan cermin dan pentaprisma yang menyita banyak ruang seperti pada kamera DSLR. Konsumen saat ini kebanyakan menyukai kamera yang praktis dan tak berat membuat banyak penggemar fotografi beralih menggunakan mirorrless sebagai senjatanya.

Live Preview


Pada kamera DSLR, saat melihat melalui view finder optic, penggunanya tidak dapat melihat bagaimana foto tersebut nantinya akan terlihat. Dalam kamera jenis ini, pengguna harus mengandalkan matering dan menyesuaikan exposurenya berdasarkan matering itu. Sedangkan pada harga dan spesifikasi Fujifilm X -M1, live preview dapat diperoleh dengan gambar yang sama persis dengan hasil akhir bidikan foto. Gambar yang terlihat pada preview merupakan hasil gambar yang akan didapatkan. Pengaturan perubahan ISO, white balance, dan yang lainnya juga bisa langsung terlihat pada preview kamera.

View Finder Elektronis


Fitur inilah yang menjadi keuntungan terbesar memiliki kamera Fujifilm X - M1 dibandingkan dengan kamera DSLR. Keuntungan yang diberikan oleh view finder elektronis adalah live preview yang sangat akurat karena langsung diambil dari sensor, mampu ditumpuki berbagai informasi lain sembari menyusun foto, focus peaking untuk manual fokus yang sangat akurat.

Tetap Memiliki Kekurangan


Meski memiliki sejumlah keunggulan dibanding dengan kamera DSLR, namun tetap diakui bila kamera mirrorless harga dan spesifikasi Fujifilm X -M1 tetap memiliki beberapa kekurangan yang umum juga dimiliki mirrorless tipe lain. Kekurangan utamanya terletak pada baterai yang tidak tahan lama. Baterai mirrorless akan habis setelah memotret 400-an frame, tak seperti DSLR yang mampu tahan hingga ribuan frame. Meski demikian, dengan segala keunggulan yang dimiliki, kekurangan ini mampu tertutupi.

Subscribe to receive free email updates: