Harga dan Spesifikasi Sony Cyber-Shot DSC-HX90V, Kamera Terkecil di Dunia

Jika Anda penggemar kamera kecil, Anda patut bersiap-siap. Perusahaan raksasa Sony baru-baru ini mengumumkan akan meluncurkan kamera yang diklaim sebagai yang terkecil di dunia. Kamera yang dimaksud adalah Cyber-Shot DSC-HX90V.


Sebelumnya, gelar kamera terkecil disematkan oleh Sony kepada produknya HX50V yang debut pada 2013 lalu. Namun, rupanya Sony telah mempermak HX90V dengan polesan-polesan mutakhir, sedemikian rupa sehingga predikat kamera terkecil pun pindah kepadanya. Berikut ini harga dan spesifikasi Sony Cyber-Shot DSC-HX90V.

Spesifikasi Sony Cyber-Shot DSC-HX90V


Diklaim sebagai kamera terkecil, Cyber-Shot DSC-HX90V memiliki dimensi 102 x 58,1 x 35,5 mm dengan berat 218 gram. Ukuran ini sedikit lebih kecil dibanding “pendahulunya” HX50V yang memiliki bodi 108,1 x 63,6 x 38,3 mm dengan bobot 272 gram.


HX90V didukung oleh sensor sebesar 18,2 MP BSI CMOS-plus dan lensa 24-720 mm f3.5-6.3 (Zeiss Vario-Sonnar T). HX90V dibekali kemampuan untuk merekam video full HD 1080/60p. Perbesarannya mencapai 30 kali zoom, menjadikannya kamera teringan dengan kapasitas zoom paling besar. Dengan fitur tambahan Clear Image, perbesaran dapat ditingkatkan menjadi 60 kali tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Dukungan fitur 5-axis Image Stabilization menjadikan gambar tetap jernih karena getaran yang menyebabkan blur telah diminimalisir. Layar LCD sebesar 3 inchi yang digunakan sebagai preview juga dapat dinaik turunkan serta dimiringkan untuk keperluan selfie.


Kamera ini telah di-support oleh OLED Tru-Finder EVF yang menjamin high contrast dari obyek yang dibidik. Di dalam HX90V juga telah ditanam GPS yang memungkinkan Anda menandai secara pasti lokasi gambar, bahkan sampai titik koordinat. Ada lagi jaringan nirkabel Wi-Fi yang membuat kamera dapat tersambung dengan otomatis ke jaringan internet untuk mengakomodir kebutuhan pengguna, mengingat HX90V didesain untuk dibawa bepergian atau traveling. Demikian pula dengan FNC yang dapat menghubungkan kamera dengan perangkat lain seperti smartphone.

Karena diperuntukkan bagi fotografer yang antusias dan kadang terburu-buru, bodi HX90V didesain hand-grip agar lebih nyaman dipegang. Kamera ini juga dilengkapi dengan cincin kontrol yang mengelilingi lensa yang memudahkan untuk memudahkan setting aperture.

Spesifikasi yang disebutkan di atas dikutip dari press release Sony pada 14 April 2015. Bisa jadi, Sony masih menyimpan “amunisi” cadangan berupa fitur-fitur andalan lain yang belum terungkap.

Saat diumumkan pada 14 April kemarin, Sony juga memperkenalkan dua kamera sekaligus. Selain HX90V, perusahaan asal Jepang itu juga meluncurkan Cyber-shot DSC-WX500, dengan spesifikasi yang sedikit di bawah HX90V. Keduanya didesain sebagai kamera minimalis yang mudah dibawa-bawa, namun dengan spesifikasi yang tidak kalah dari yang lain.

Harga Sony Cyber-Shot DSC-HX90V


Cyber-Shot DSC-HX90V dan Cyber-shot DSC-WX500 akan mulai dijual pada bulan Juni 2015 mendatang. HX90V dipatok seharga $430 atau Rp 6 juta, sedangkan WX500 dihargai $330 atau Rp 4,5 juta.

Subscribe to receive free email updates: