Harga dan Spesifikasi Nikon D810A, Kamera Pembidik Benda Langit


Produsen alat fotografi dari Jepang, Nikon kembali meluncurkan produk terbarunya. Kali ini, kamera tersebut diberi nama Nikon D810A. Dengan huruf belakang ‘A’ yang menunjukkan kata Astrofotografi, kamera DSLR terbaru ini memang sengaja didesain untuk mengabadikan bintang-bintang di angkasa.

kenrockwell.com

Karena fungsinya sebagai pembidik bintang, maka spesifikasi yang ada pada Nikon D810A jelas berbeda dengan produk-produk Nikon lainnya. Selain dilengkapi dengan lensa beresolusi amat tinggi, Nikon D810A juga mengusung kemampuan-kemampuan lain yang tidak kalah canggihnya. Seperti pada seri pendahulunya Nikon D810, kamera ini tak jauh berbeda dalam hal kualitas gambar yang dihasilkan.

Penasaran dengan spesifikasi apa saja yang disematkan pada perangkat ini? Simak uraian berikut.

Spesifikasi Nikon D810A


Agar memenuhi fungsinya sebagai kamera yang mampu membidik benda-benda di angkasa, Nikon telah mempersenjatai D810A dengan sensor full frame 36,3 megapixel CMOS, lengkap dengan autofocus AF-S Nikkor. Dengan kombinasi ini, pastinya gambar yang dihasilkan akan tajam, jernih, dan berkualitas tinggi.



Kamera ini juga telah dilengkapi dengan filter IR-cut yang telah dimodifikasi, yang memastikan kamera dapat menangkap cahaya sekecil apapun yang dipancarkan dari angkasa. Selain itu, fitur long-exposure juga sangat berguna untuk menangkap obyek yang amat kecil nun jauh di atas langit.

Hasil modifikasi IR-cut tidak boleh dianggap remeh. Fitur ini menjadi empat kali lebih sensitif dalam menangkap cahaya merah dibanding kamera biasa. Sensitivitas tinggi ini amat menguntungkan, karena kamera ini akhirnya bisa menangkap garis spektrum hidrogen alpha pada bentangan kosmos. Sensor besar full frame yang dipasangkan pada D810A juga jauh lebih menguntungkan daripada sensor kecil yang biasanya tertanam pada kamera astrofotografi menengah.

Untuk mendukung fasilitas canggih di atas, Nikon telah menanamkan prosesor pengolah gambar Expeed 4 yang memiliki kecepatan luar biasa. Berduet dengan sensor FX besar, kamera ini tidak hanya meningkatkan kualitas gambar, melainkan menyesuaikan diri terhadap kekurangan cahaya. Pada cahaya rendah, kemampuan kamera menangkap gambar justru meningkat tajam. Pada pengaturan ISO intelligent noise reduction, D810A dikaruniai kemampuan untuk mereduksi noise tanpa mengorbankan ketajaman gambar.


Nikon D810A semakin sempurna dengan memiliki berbagai lensa Nikkor pada tubuhnya. Anda kini bisa memilih lensa wide-angle untuk bidikan luas angkasa, atau lensa super tele untuk fokus pada satu bintang tertentu. Apalagi dengan adanya fasilitas remote control nirkabel, yang memungkinkan pengguna untuk memotret secara stabil dalam waktu-waktu tertentu.

Karena fasilitas yang luar biasa ini, Nikon D810A tidak direkomendasikan untuk fotografer pemula atau fotografer amatir. Dengan kemampuan secanggih itu, Nikon D810A digadang-gadang mampu menghadirkan galaksi dan alam semesta lebih dekat kepada kita.

Harga Nikon D810A


Kamera ini baru akan dilepas ke pasaran pada Mei 2015 mendatang. Untuk mendapatkannya, Anda perlu merogoh kocek sebesar $3.799, atau sekitar Rp 49 juta.

Subscribe to receive free email updates: