11 Jenis Kategori Fotografi Untuk Pemula

Fotografi adalah proses menulis/melukis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
 

Digital dan teknologi terus berkembang, salah satunya dalam dunia fotografi. Dengan adanya digitlisasi pada kamera, maka setiap orang bisa dengan mudah mengabadikan berbagai momen ke dalam bentuk foto. Tidak perlu lama lagi menunggu, mencuci cetak hasil foto, karena kita tinggal mengambil foto secara otomatis dan melihat hasilnya melalui layar kamera. Untuk fotografer pemula, kita bisa mencoba beberapa kategori fotografi berikut ini:

Fotografi Abstrak

Foto abstrak adalah foto yang mengutamakan keindahan komposisi gambar, seperti permainan warna dan bentuk, tekstur, dan elemen-elemen grafis. Fotografi abstrak bisa menghasilkan foto-foto yang sangat dramatis. Cenderung mengangkat bentuk, warna, dan lekuk dari pada detil sebuah objek. Kebanyakan fotografer akan mencari detil saat mendapat kesempatan untuk memotret sesuatu. Tapi, dibutuhkan cara pandang yang lain tentang dunia untuk bisa melihat hal-hal yang abstrak di sekeliling kita.

Fotografi Arsitektur

Fotografi dan arsitektur, dua hal yang berhubungan erat. Demikianlah fotografi arsitektur mengabadikan subyek-subyek arsitektur dalam bungkus estetika fotografi. Tak hanya menonjolkan subyek arsitektural, tapi juga mengindahkan kaidah-kaidah fotografi. Objek foto yang dibidik dalam katagori fotografi ini adalah keindahan sebuah bangunan yang dibuat oleh hasil tangan manusia, seperti gedung, jembatan, dan arsitektur lainnya.

Fotografi Budaya

Objek foto budaya bisanya mengambil gambar dengan tema-tema yang menampilkan aktivitas budaya tradisional, kontemporer, dan modern, seperti halnya tari-tarian tradisional maupun modern, tradisi lokal, dan festival budaya.

Fotografi Fashion

Foto fashion adalah hasil foto yang menampilkan situasi fashion, baik yang pakaian, aksesoris, maupun hal lain yang digunakan oleh model. Foto ini diambil secara khusus dengan menggunakan model, atau bisa juga ditampilkan dalam bentuk peragaan busana yang dilakukan di ruangan terbuka ataupun tertutup. Foto dengan kategori ini bisa juga menjadi sebuah foto komersil.

Fotografi Jurnalistik

Foto-foto yang diambil untuk merekam sebuah peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti kecelakaan, bencana alam, kemacetan dan masih banyak lagi disebut juga dengan fotografi jurnalistik. Foto ini biasanya digunakan untuk kebutuhan berita.

Fotografi Landscape

Foto-foto yang diambil untuk kategori ini lebih menonjolkan pemandangan alam dengan unsur-unsur alam tak hidup seperti tanah, air, langit, atau mengkombinasikan ketiganya.

Fotografi Makro

Jenis kategori makro lebih menonjolkan detail yang tajam. Biasanya membingkai sebuah objek dengan pembesaran 1;2 atau 1;1, seperti serangga, tetes embun, kelopak bunga, dan lain sebagainya.

Fotografi Manusia

Human Interest adalah kategori foto yang menampilkan objek foto berupa manusia, baik secara individual maupun kelompok dan lebih menonjolkan pada ekspresi dari objek tersebut.

Fotografi Nature 

Kategori fotografi yang satu ini berkaitan dengan landscape, namun untuk kategori nature lebih menampilkan objek foto alam dalam bentuk makhluk hidup atau fenomena alam seperti halnya kehidupan binatang liar, berseta tumbuhan yang hidup dalam habitatnya.

Fotografi Panggung

Ini adalah foto yang mengambil aktivitas manusia di atas panggung, seperti band, teather, tari, dan lain sebagainya.

Fotografi Still Life

Still Life adalah kategori foto dengan objek benda tak bergerak yang dirancang khusus untuk membentuk sebuah komposisi yang indah, seperti halnya karya-karya seni lukis atau patung.


sumber: kaskus.co.id

Subscribe to receive free email updates: