Review dan Harga Ricoh GR II, Kamera Saku Berkelas DSLR Premium

Review dan Harga Ricoh GR II – Mendengar nama “Ricoh” mungkin yang terbayang dibenak Anda adalah sebuah mesin fotokopi. Memang Ricoh merupakan brand dari sebuah mesin fotokopi yang cukup terkenal. namun selain memproduksi mesin fotokopi, Ricoh juga memproduksi kamera, tepatnya sejak tahun 50-an yang lalu.


Sampai sekarang ini produk kamera yang telah dikeluarkan oleh Ricoh sangatlah banyak sekali. kebanyakan dari produk mereka telah laris di ranah internasional. produk terbaru yang mereka keluarkan diberi nama dengan Ricoh GR II.

Ricoh GR II hadir sebagai sebuah kamera saku. Meskipun hanya sebatas kamera saku yang tergolong kecil, akan tetapi Anda jangan salah, kamera Ricoh GR II diklaim memiliki kualitas yang hampir sama dengan DSLR premium. Apa sajakah yang kamera tersebut tawarkan? berikut kami sajikan informasinya adalah review spesifikasi dan harga Ricoh GR II di bawah ini.


Review dan Spesifikasi Ricoh GR II


Setelah seri Ricoh GR yang pertama laris manis di pasaran, kini Ricoh GR II siap untuk bersaing di pasaran kamera saku tanah air. sebenarnya untuk masalah spesifikasi, kamera Ricoh GR II hampir sama dengan seri sebelumnya, yakni masih menggunakan sensor APSC beresolusi 16.2 megapiksel dengan lensa lensa 18,3mm f/2.8. yang mampu menghasilkan ketajaman gambar 4928 x 3264 piksel.


Selain itu sensor yang digunakan kamera satu ini juga tidak menggunakan low pass filter, sehingga akan membuat gambar nampak lebih tajam dari pada yang lainnya, meskipun nanti efeknya moire akan terasa saat memotret mengeluarkan garis-garis. Akan tetapi jangan khaswatir, karena kamera satu ini sudah memiliki ISO 100-25600 yang didukung dengan processor masih sama yakni Egine V. Dengan menggunakan processor tersebut, kamera satu ini mampu membidik objek berkecepatan 4 fps dalam resolusi tinggi dan autofocus 0,2 detik.

Walaupun masih tergolong memiliki spesifikasi yang sama dengan Ricoh GR seri pertama, tetapi untuk masalah fitur-fitur dan lainnya, Ricoh GR II ini lebih komplit. Perbedaan dengan GR pertama adalah pada bagian Wifi dan NFC. Menariknya, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi untuk melakukan kontrol kamera ataupun transfer, cukup dengan web browser saja Anda sudah bisa melakukan semua fitur konektivitas tersebut. sehingga komunikasi tidak hanya sebatas ponsel Android dan iOS saja. perbedaan yang lainnya juga terletak pada bagian kemampuan menggunakan lampu flash nirkabel, pemakaian mode autofocus pada video, kompensasi eksposur, dan penggunaan creative effect yang cukup menakjubkan.


Berdasarkan berbagai macam spesifikasi unggulan itulah, Ricoh GR II bisa dikatakan sebagai kamera yang sebanding dengan kamera DSLR kelas atas. Selain memiliki kualitas mirip DSLR, kamera satu ini juga memiliki desain yang lebih ringan yakni hanya 251 gram saja. sehingga memudahkan kita untuk memasukan kamera tersebut ke kantung jaket. Menariknya lagi, kamera tersebut memiliki lensa berukuran 18,3 mm (ekuivalen 28mm pada kamera Full Frame) berjenis retractable yang dapat masuk kedalam bodi.


Harga Ricoh GR II Terbaru di Indonesia


Ricoh GR II mulai tersedia pada bulan Juli 2015 ini. kamera saku yang setara dengan DSLR ini nantinya akan dibandrol dengan harga USD 800 atau setara dengan Rp. 10,8 jutaan. Akan tetapi untuk harga Ricoh GR II di Indonesia belum diketahui secara pasti. Demikian sekilas informasi seputar review dan harga Ricoh GR II. Semoga dapat menambah wawasan Anda seputar kamera.

Subscribe to receive free email updates: