Review dan Harga Kamera Samsung NX1 Update 2015

Review dan Harga Kamera Samsung NX1 - Kamera sistem mirrorless buatan pabrikan Korea ini layaknya benda seni. Terus berkompetisi bertahun-tahun dengan sensor APS-C 24 Megapixel, Samsung NX1 kini mengusung sensor  4 juta pixel lebih banyak. Namun, tingkat bintik gambar dikhawatirkan juga naik dengan resolusi 28 megapixelnya itu. Samsung memiliki cara tersendiri untuk mengurangi bintik foto, yaitu dengan memperkecil jarak antar pixel alih-alih memperkecil jarak antar pixel alih-alih memperkecil pixel. Dengan cara tersebut, maka apakah resolusi dan bintik gambarnya bisa lebih baik dibanding Samsung NX3000?


Karena selain memiliki resolusi lebih tinggi, kamera ini juga memiliki kecepatan pemotretan yang tinggi pula. Dalam pemotretan, kamera bisa memotret foto dengan kecepatan 15fps baik dalam format RAW maupun JPEG. Fokus otomatisnya bisa mengunci dengan cepat. Kamera juga memiliki banyak area fokus, sekitar 209 titik dengan pengukuran kontras 205 titik dengan phase detection dan 153 titik cross-type.

Hampir tidak ada kekurangan dalam hal feature di kamera Samsung NX1 ini. Modul GPS, slot kartu SD kedua dan konektor kabel flash sync merupakan beberapa feature profesional yang dimiliki. Selain itu masih ada lagi jendela bidik elektronik dengan resolusi tinggi dan sensor mata, layar lipat 3,0 inci dengan teknologi OLED dan layar sentuh serta Wi-FI dan NFC untuk transmisi nirkabel. NX1 juga memiliki port Micro HDMI dan USB 3.0 serta port headphone dan mikropon untuk mengatur level audio.

Kedua jack audio 3,5mm tersebut diletakkan berdampingan sangat dekat, jadi akan bermasalah jika menggunakan kabel yang tebal. Terdapat pula mikrofon yang terintregrasi stereo. Perekaman video 24fps dalam resolusi Ultra HD juga didukung peningkatan yang dilakukan adalah kecepatan penanganan data 36 Mbit per detik berkat codec H.265 yang digunakan. Perekaman video Full HD bisa dilakukan dengan kecepatan 50fps.


Konsep Kontrol Canggih

Dengan memiliki banyak feature, ketahanan terhadap air dan pegangan yang kokoh dari bahan magnesium, kamera dengan bobot 643 gram ini bisa dioperasikan dengan relatif mudah. Posisi dua tombol putar di atas belakang bisa digunakan untuk mengatur mode exposure (A,S,M). Setting yang sedang dipakai juga bisa dibaca dengan mudah di layar atas. Samsung juga menambahkan mode hemat daya dalam jendela bidik elektronik maupun layar OLED kamera.

Soal baterai, dayanya bertahan selama 131 menit video dan memotret 370 hingga 830 foto. Dalam sekali isi ulang, tergantung pada cara pemakaian, seperti pemakaian flash dan layar OLED yang dinyalakan. Untuk memotret lebih lama, kami menyarankan menyiapkan baterai cadangan, harganya sekitar Rp 1 juta, agak mahal memang. Namun, Samsung NX1 ini layak sesuai dengan uang dikeluarkan.

Spesifikasi Samsung NX1
Data Teknis
Resolusi Maksimal
6.480 x 4.320 Pixel
Pixel Efektif
28,0 Megapixel
Sensor (Jenis / Ukuran)
CMOS / 23,5 x 15,7 mm
Image Stabilezer
Samsung NX
Viewfinder / Hot Shoe
-
AF Sensor (termasuk cross-type sensor)
209 (153)
Viewfinder
Elektronic live vinder
Bidang Rasio Pandang / Pembesaran
100 persen / 1,04-x
LCD (ukuran / resolusi)
3,0 inci / 1.036.000 Pixel
Shutter
1/8.000 - 30 detik
ISO
100 - 51.200
Flash Sync
1/250 detik
Matering
TTL metering with 17 x 13 block sensor (221 fields)
White Balance
1 Preset / Kelvin Scale / manual white balance
Format Gambar
RAW + JPEG, RAW, JPEG
Resolusi Video
Cinema 4K
Integrated flash / Guide number / Flash port
Yes - 11 - No
Media / Memori Internal 
SDXC
Video / HDMI output
Yes
Baterai
BP1900
Material Bodi
Magnesium
Penutup Bodi
Yes

Subscribe to receive free email updates: