Tele Zoom Sempurna Dari M.Zuiko ED 40-150mm F/2.8 Pro

Bagi Anda pengguna kamera micro four third layak bergembira karena Olympus meluncurkan lensa Tele Zoom dengan kualitas optik yang prima, M.Zuiko Digital ED 40-150mm f/2.8 Pro. Dengan pilihan sensor four third, Olympus bisa mengembangkan lensa premium 40-150mm yang memiliki bukaan cepat f/2.8 yang focal length nya ekuivalen dengan lensa 80-300mm dengan panjang hanya 16 cm dan bobot 880 gram.


Bandingkan dengan lensa premium untuk kamera DSLR bersensor APS-C ke atas, seperti EF 70-200mm f/2.8L USM yang punya kecepatan sama, panjangnya 19,36cm serta bobotnya lebih dari 1300 gram. Saat dikombinasikan dengan OM-D-E-M1, salah satu jajaran kamera highend Olympus, bobot totalnya kurang dari 1,5kg. Kombinasinya lebih compact dan ringan.

Walaupun punya kecepatan di f/2.8, lensa berdiameter filter 72mm tersebut tetap bisa dibuat lebih compact karena sensor yang dipakai pada kamera four third relatif punya dimensi lebih kecil dibanding kamera mirrorless lainya. Konsekuensinya, karakter ruang tajamnya memang tidak setipis lensa-lensa pada kamera bersensor APS-C. Namun demikian, lensa tele zoom profesional tersebut jadi lebih mudah dibawa. Cocok untuk pehobi fotografi yang memiliki mobilitas tinggi.

Membawa Semua Feature Kelas Atas


Sebagai pasangan ideal untuk Olympus OM-D E-M1 yang sudah dilengkapi feature weater seal, lensa M.Zuiko Digital ED 40-150mm f/2.8 PRO juga dilengkapi dengan feature yang sama. Feature tersebut berguna saat kamera dipakai saat cuaca buruk. Contoh, dipakai di pegunungan berkabut atau saat gerimis.


Untuk melindungi optiknya, bodi lensa terbuat dari materi logam yang solid dan kokoh. Termasuk untuk ring zoom dan ring untuk fokus manual. Walaupun tidak dilapisi karet, ring zoom dan fokus yang bergerigi cukup nyaman untuk dioperasikan. Apalagi, mekanik untuk kedua ring zoom tersebut bekerja dengan halus. Yang menarik, ring zoom pada M.Zuiko ED 40-150mm f/2.8 PRO bekerja secara internal. Itu artinya, lensa tidak akan bertambah panjang saat Anda memindahkan pilihan zoom ke sisi telenya.

Satu lagi feature penting  pada M.Zuiko 40-150mm f/2.8 adalah keberadaan tombol L-Fn. Tombol tersebut dapat difungsikan menjadi tombol khusus untuk mengatur parameter yang Anda anggap penting yang sering digunakan. Misalnya, difungsikan sebagai tombol ISO yang memang secara khusus tidak tersedia di bodi OM-D E-M1.

Spesifikasi M.Zuiko Digital ED 40-150mm F/2.8 Pro


Mount: Micro Four Third
Focal length: 40-150mm
Aperture: f/2.8
Bilah diafragma: 9 elemen
Image sabilezer: Tidak ada
Optik: 16 elemen/10 grup
Magnifikasi: 0,21x cm
Motor: Stepper motor
Diameter: 75mm
Fokus: Internal
Filter: 72mm
Dimensi: 160x79 mm
Bobot: 880 gram

Subscribe to receive free email updates: