Di Balik Segala Keunggulan Kamera DSLR

Apa yang ada di benak anda jika ditanya soal kamera DSLR? Mahal, kualitas foto bening dan sempurna, dan bodi serta lensanya yang besar dan panjang. Ini adalah gambaran umum yang juga sering disebutkan oleh kebanyakan orang saat ditanya soal kamera DSLR.  Memang benar, kamera DSLR memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan jenis kamera digital lainnya. Sebut saja banyaknya perangkat pendukung dan aksesoris yang mudah di-upgrade, kualitas foto yang sempurna dilihat dari sisi warna, pencerahan, resolusi, dan ketajaman, kinerja kamera yang lebih responsif, dan fleksibiltas penggunaan lensa kamera. Anda pastinya tahu bahwa ada cukup banyak jenis lensa yang dapat dipasang pada kamera DSLR untuk mendapatkan hasil gambar yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan. 


Namun dibalik keunggulan-keunggulan yang telah disebutkan di atas, kamera DSLR juga memiliki kelemahan. Kelemahan yang dapat dilihat dengan jelas adalah soal ukuran bodinya. Seperti yang anda ketahui, kamera DSLR memiliki bodi yang besar dan bobot yang lumayan berat. Dibandingkan dengan jenis kamera digital lainnya, kamera DSLR ini menjadi perangkat kamera digital terbesar dan terberat. Dengan ukuran besar dan bobot yang lumayan berat ini, tentu kurang praktis untuk dibawa. Dan yang pasti, para fotografer pemula cenderung akan kesulitan untuk mengoperasikannya. Para fotografer pemula harus terus mempraktikan bagaimana cara menggunakan kamera DSLR dengan benar secara terus menerus agar terbiasa. Apalagi kini ada banyak desain dan merk kamera DSLR. Penting rasanya untuk belajar mengoperasikan berbagai kamera DSLR agar nantinya sudah biasa saat memakainya. 

Kelemahan lainnya adalah tak banyak pengguna yang bisa mengubah lensa. Kesulitan ini biasanya dialami oleh pengguna pemula. Para pemula juga cenderung mengalami kesulitan saat mengoperasikan tombol-tombol yang ada di badan kamera karena jumlahnya yang cukup banyak. Agar terbiasa menggunakan tombol-tombol pada kamera, anda bisa sering lakukan eksperimen dengan menekan tombol dan mengintepretasikan kegunaan masing-masing tombol pada kamera. Dengan demikian, pada saat anda akan menggunakan kamera, anda sudah bisa mengatur setting kamera terlebih dahulu melalui tombol-tombol yang tersedia di kamera DSLR anda. 

Bagaiman, kini anda sudah mengetahui beberapa kelemahan dari perangkat kamera DSLR. Meski ada beberapa kelemahan, untuk mendapatkan hasil gambar/ foto yang berkualitas, memang penggunaan kamera DSLR sangat direkomendasikan. Anda juga perlu sesuaikan dengan kebutuhan anda. Bagi anda yang memang berprofesi sebagai fotografer, tentu anda wajib menggunakan jenis kamera yang satu ini karena kamera DSLR adalah kamera terbaik dan paling cocok untuk para fotografer profesional seperti anda. Anda pastinya akan mendapatkan kepuasan yang jauh lebih besar bila menggunakan perangkat kamera ini. Hanya dengan kamera DSLR-lah, anda juga dapat mengasah skill fotografi anda. Dengan kata lain, kamera DSLR merupakan media terbaik untuk mempertajam keterampilan dan kemampuan fotografi anda.

Subscribe to receive free email updates: