Kamera Mirrorless Kian Berkembang


Kamera mirrorless kini banyak dilirik oleh vendor-vendor kamera. Bukan hanya karena ringan dan kecil, namun hasil fotonya pun tak kalah dengan kamera DSLR.

Tren kamera DSLR klasik kini mulai ditinggalkan. Di sisi lain, kamera mirrorless yang diawal kemunculannya dipandang sebelah mata, kini nampaknya akan menjadi tren yang akan terus berlanjut hingga beberapa tahun ke depan. Kian banyak produsen kamera yang terjun membuat kamera DSLM.

Jendela bidik dan prisma kotak cermin menjadi alasan utama mengapa banyak konsumen kamera DSLR yang memilih model DSLM. Dengan mengakomodasi dua hal tersebut di atas, maka kamera DSLR entry level seperti Canon EOS 1200D atau Nikon D3100 menjadi lebih besar ukurannya dibanding kamera DSLM.

Untuk kamera kelas menengah, jendela bidik juga menjadi kurang penting karena alasan teknis. Seperti yang diperagakan oleh Fujifilm dengan kamera X-T1, jendela bidik elektroniknya kini mencapai tingkat baru yang mengagumkan. Namun, kamera DSLM juga belum sempurna, terutama saat memotret panning dan gerakan cepat lainnya, gambar yang ditampilkan di jendela bidik elektronik kadang sering telat. Fujifilm masih mencoba mengantisipasi masalah ini. Sementara itu, di segmen profesional, jendela bidik optik masih menjadi kebutuhan utama. Produsen kamera kini menggarap tren kamera lensa interchangeable lens kecil secara lebih serius.

Mulai dari fotografer pemula hingga yang telah berpengalaman, semua bisa mencari model yang cocok.

Subscribe to receive free email updates: