Tips Memilih Gear Sesuai Fungsi dan Kebutuhan

Tips Memilih Gear Sesuai Fungsi dan Kebutuhan - Saat ini untuk memilih gear sesuai dengan fungsi dan kebutuhan sesuai dengan keperluan Anda dapat melihat tips yang akan kami bagikan.



Budget vs Function = value

Dengan semakin berkembangnya teknologi, industri fotografi di dunia pun semakin berkembang. Produsen saling berlomba-lomba untuk menawarkan beragam produk kepada konsumen dengan feature dan teknologinya masing-masing. Ada produk yang kaya feature, ada juga yang menawarkan feature dasar namun mengedepankan kualitas. Harga pun bervariasi, mulai dari yang terjangkau, hingga yang mungkin mengharuskan Anda untuk membayar beberapa kali selama sekian bulan ke depan.

Dengan beragamnya produk yang ditawarkan Anda harus jeli melihat mana gear yang benar-benar memiliki nilai bagi Anda. Tidak semua feature yang ditawarkan Anda perlukan, atau bahkan mungkin tidak akan Anda gunakan selama terus menerus. Harga juga patut Anda pertimbangkan. Mahal belum tentu sering berguna, yang banyak gunanya juga tidak perlu mahal. Ini harus Anda camkan baik-baik ketika memilih sebuah perangkat fotografi.

Yang terpenting bukanlah feature tercanggih, namun apakah Anda akan menggunakan semua feature canggih yang ditawarkan oleh sebuah perangkat? Dan apakan feature itu memang harus Anda miliki, dalam arti: apakah memang benar-benar diperlukan dan tidak ada feature pengganti lain di perangkat lain? Dalam industri fotografi yang terus berkembang, para raksasa produsen tentunya berlomba-lomba untuk memberikan feature tercanggih, sehingga mendorong harga yang kompetitif.

Ada baiknya Anda memilih dan memahami feature apa yang memang benar-benar Anda perlukan. Tentunya Anda tidak mau hanya sekedar menggunakan sebuah perangkat dalam beberapa kali saja. Yang perlu Anda pertimbangkan bukanlah feature yang benar-benar canggih dan up to date, tapi seberapa berharganya sebuah perangkat dilihat dari fungsi yang ditawarkannya untuk Anda. Semakin banyak fungsi yang bisa Anda manfaatkan, dan semakin kompetitif harganya, tentu memiliki nilai yang lebih dibanding perangkat lain yang mungkin harganya sebanding tapi kemampuan yang ditawarkan tidak lebih baik.

Membeli vs Menyewa

Jika Anda benar-benar harus menggunakan sebuah perangkat tertentu namun memiliki budget sangat terbatas, menyewa bisa jadi pilihan daripada membeli barang yang tidak jelas nasibnya nanti. Bisa jadi Anda hanya sekedar penasaran, dan ketika sudah memakainya beberapa kali, Anda mungkin kecewa karena menemukan beberapa celah-celah kecil yang membawa Anda merasa kurang 'sreg'.

Menyewa juga bisa dilakukan apabila Anda memang harus menggunakan perangkat tersebut karena tuntutan pekerjaan, namun modal yang dikeluarkan untuk membeli terlalu besar (misalnya kamera medium format). Ada beberapa toko atau rental yang bertebaran di seluruh penjuru nusantara yang menyediakan berbagai alat fotografi yang terbilang up-to-date untuk disewa dengan harga yang juga kompetitif. Alternatif ini tentunya jauh lebih baik daripada Anda harus menghamburkan uang demi sesuatu yang tidak jelas nasib investasinya karena sekedar penasaran, atau memang mungkin terlalu mahal untuk Anda miliki saat ini.

Anggaplah gear yang akan Anda beli sebagai investasi, sehingga Anda juga harus memikirkan penurunan nilainya karena teknologi yang terus berkembang dan harga gear yang ada saat ini tentunya akan turun seiring dengan dirilisnya gear lain yang lebih canggih. Hal inilah yang mendorong kebanyakan fotografer untuk lebih memilih membeli lensa dibanding body, karena teknologi lensa cendrung lebih lambat berkembang. Sehingga, harga lensa berkualitas tinggi umumnya lebih stabil, dan nilai jual kembalinya juga berkisar pada angka yang stagnan.

Subscribe to receive free email updates: