Foto Underwater Tetap Tajam Dengan Nikon Coolpix AW120

Penyempurnaan terus dilakukan Nikon dalam merancang camera compact outdoor dan underwater. Hasilnya, performa Nikon Coolpix AW120 jauh lebih baik dari pendahulunya. Beberapa kali memotret di dalam air menggunakan kamera compact, selalu saja mendapatkan kendala dengan ketajaman fokus. Terlebih jika kondisi cahaya di dalam air itu sangat minim. Namun, hal tersebut dapat diatasi oleh kamera compact outdoor dan underwater generasi terbaru besutan Nikon yang hadir di meja CFVd beberapa waktu silam.


Kamera tersebut adalah hasil inovasi dari Nikon Coolpix AW100 dan AW110. Belum lama ini, Nikon memperkenalkan Coolpix AW120 dengan lensa yang kini lebih baik dan tajam saat digunakan di dalam air. Setidaknya, dalam hal sensitivitas cahaya yang lebih peka, dan waktu yang dibutuhkan saat menentukan fokus pada obyek yang kini cukup cepat bila dibandingakn seri sebelumnya.

Meskipun demikian, Nikon Coolpix AW120 ini memiliki feature yang tidak jauh berbeda dari Coolpix AW110 yang rilis sejak 2013. Coolpix AW120 menggunakan lensa berkualitas besutan Nikkor dengan optical zoom 4.3-21.5mm, atau setara degnan 24-120mm pada format 35mm.

Nikon Coolpix AW120 Sample Picture 1

Dengan menggunakan lensa ber-aperture f/2.8 di sudut lebar, kinerja lensa Nikkor tersebut lebih optimal saat digunakan di dalam air, khususnya saat kondisi cahaya yang masuk sedikit. Namun, saat memaksimalkan tele-nya, bukaan aperture tersebut semakin turun hingga f/4.

Ketika memotret di kedalaman 1 meter, autofocus masih bekerja dengan baik. Namun, harus diakui, saat memotret hingga kedalaman 3 meter, dengan kondisi cahaya yang semangkin sedikit, autofocus mengalami kendala untuk membaca focus dengan cepat.

Nikon Coolpix AW120 Sample Picture2

Sementara itu penggunaan ISO besar di dalam air sedikit menimbulkan masalah. Khususnya detail yang mulai menghilang dan noise yang juga terlihat jelas. Walau demikian, penggunaan ISO 400 masih cukup baik. Kendal noise mulai terlihat mulai dari ISO 1600, khususnya jika menggunakan perpanjangan ISO hingga 6400. Karena itu, untuk penggunaan di dalam air guna mendapatkan hasil yang optimal, tidak ada salahnya menggunakan bantuan flash internal yang sudah tersedia.

Nikon Coolpix AW120 ini, menawarkan resolusi 16 megapixel dengan sensor CMOS  sebesar I/2.3 inci yang performanya teruji dalam menghasilkan gambar yang cukup baik, bahkan saat terpaksa harus menggunakan digital zoom maksimal.

Bagi anda yang gemar beraktivitas yang ekstrim atau menantang, baik outdoor maupun underwater, Nikon Coolpix AW120 ini akan sangat membantu dalam mendapatkan scene-scene terbaik petualangan Anda. Hal tersebut berlaku juga bagi para fotografer pemula yang ingin berlibur ke pegunungan, pantai, laut, atau untuk sekedar menangkap keceriaan di kolam renang, karena Coolpix AW120 sangat mudah digunakan. (Rahmat Koes)

Subscribe to receive free email updates: